blog

Kuasai Bahasa Internasional

Waktu: 5 menit (membaca dengan kecepatan normal)

            Bahasa merupakan aspek yang ikhwal dalam berkomunikasi. Bahasa membuat semua orang dapat terkoneksi satu sama lain. Adapun, di era Revolusi Industri 4.0 yang juga sejalan dengan fenomena globalisasi, keahlian untuk berbahasa asing sangat lah dibutuhkan. Dengan penguasaan atas bahasa asing, seseorang dapat lebih mampu berkompetisi dan menyesuaikan diri pada masyarakat global. Tidak jarang dengan penguasaan bahasa asing, pemuda-pemudi Indonesia mendapatkan kesempatan untuk belajar di luar negeri, mengikuti kompetisi internasional, hingga mengikuti konferensi di tingkat mancanegara.

Nah, teman-teman 10 Pemuda, pada hari Sabtu tanggal 12 September  2020, 10Pemuda mengadakan talkshow melalui akun youtube @10pemuda. Tema yang dibawakan pada kegiatan tersebut diangakat dari salah satu pilar 10 Pemuda, yakni Aku Mendunia. Aku Mendunia menjadi pilar 10 Pemuda agar pemuda-pemudi Indonesia memiliki semangat untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional melalui berbagai prestasi maupun keahlian.Adapun judul yang dibawakan pada talkshow kali ini adalah  “Kuasai Bahasa Internasional”.  Pada kesempatan tersebut, Komara Suhendar selaku Master of General and Applied Linguistic di Australian University hadir untuk membagikan wawasannya terkait bagaimana cara menguasai bahasa internasional.

Talkshow ini sendiri diawali penjelasan Kak Komara mengenai apa yang ia pelajari selama berada di Australian University dengan mengambil program studi kebahasaan. Ia menjelaskan bahwa dirinya mempelajari ilmu bahasa murni pada program studi tersebut. Kak Komara mencontohkan salah satu materi yang ia pelajari, yakni mengenai fonologi. Di mana ia menjadi paham akan bunyi-bunyi bahasa dan tempat artikulasi dari bahasa tersebut digunakan. Selain itu ada pula materi berupa sintaks yang merupakan penjelasan akan struktur kalimat, dan semantiks yang merupakan ilmu makna.

Selanjutnya, Kak Komara menjelaskan bahwa dengan memahami bahasa internasional hal ini dapat membuka wawasan kita ketika mempelajari suatu ilmu yang ada pada buku terbitan negara asing. Kak Komara mengatakan bahwa bahasa dapat menjadi kunci kita untuk mencuri ilmu-ilmu yang sudah sangat berkembang dari negara lain. Adapun ia juga menyebutkan bahwa dirinya telah menguasai bahasa Jerman, bahasa daerah, dan lain-lain.

Kak Komara juga menjelaskan bahwa sebelum seseorang dapat menempuh pendidikan di luar negeri, mereka membutuhkan sertifikat bahasa yang digunakan di negara tersebut. Hal ini dikarenakan pelajar tersebut nantinya perlu membaca banyak bahan bacaan seperti jurnal-jurnal. Tentunya dengan penguasaan bahasa yang belum disesuaikan dengan kebutuhan tingkat pendidikan yang ada, hal tersebut dapat menyulitkan proses menempuh pendidikan yang ada.

Kak Komara juga menjelaskan bahwa kunci dari mempelajari bahasa adalah pola pikir dan motivasi yang perlu ditanamkan dalam diri. Tidak jarang orang-orang yang mempelajari bahasan kerap menemukan kesulitan dalam memahami struktuur kalimat, penggunaan partikel, hingga penyebutannya. Sehingga bagi Kak Komara, pola pikir untuk pantang menyerah dan menyukai tantangan adalah hal yang sangat penting. Selain itu, umumnya hal yang menghambat seseorang untuk bisa fasih berbahasa adalah ketakutan akan sebuah kesalahan. Hal ini dicontohkan Kak Komara sebagai orang yang takut salah ketika akan berbicara dengan orang lain menggunakan bahasa asing. Padahal hal tersebut semstinya dapat ditaklukan dan dapat mengambil pelajaran baru dari sebuah kesahalan.

Menarik bukan pemaparan dari Kak Komara? Kalau YouthTizen sudah tertarik untuk belajar bahasa asing apa nih? Jangan lupa untuk terus berlatih dan percaya diri seperti yang telah dijelaskan Kak Komara ya!

 

Penulis: Mudhya Razanne Tiara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *