Uncategorized

Get Rid of Insecurity: Self Love 101

Mencintai diri sendiri mungkin dianggap sebagai hal yang sulit bagi sebagian orang. Padahal, kita kerap kali mengamini perkataan, “kalau mau mencintai orang lain dengan ikhlas, cintai dulu diri sendiri.” Namun pada kenyataannya, mencintai diri sendiri adalah bentuk cinta yang paling sulit dicapai.

Nah Youthizen, pada tanggal 13 Agustus 2020 lalu, tim 10Pemuda berkesempatan untuk berbincang dengan Dr. Imedia Ika Dian Oriza, M.Psi atau akrab disapa Mbak Dior dalam talkshow #AkuCermat Talks 7 – Get Rid of Insecurity: Self Love 101. Dalam talkshow ini mbak Dior berbagi tips untuk belajar mencintai diri sendiri.

Pada awal sesi talkshow, Mbak Dior menjelaskan tentang konsep sehat mental. Sehat mental adalah kondisi dimana individu mampu mengenali kemampuan dirinya, menghadapi tekanan dan kesulitan, serta tetap produktif dan berkontribusi terhadap masyarakat. Kita dapat dikatakan sehat secara mental ketika kita telah dapat mengenal kemampuan diri kita.

Untuk dapat mengenali kemampuan diri sendiri, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menemukan, mengenal, dan mencintai diri kita. Bukan hanya menemukan, mengenal, dan mencintai kelebihan tapi juga mencintai kekurangan. Ketika kita mengenal diri sendiri, kita akan mengetahui kemampuan dan potensi diri. Mengetahui yang dapat menyenangkan dan memuaskan diri kita.

Dalam perjalanan menerima dan mencintai diri, tentu ada saat dimana kita membandingkan diri dengan orang lain. Hal ini adalah hal yang wajar karena otak kita memang dirancang untuk mencari masalah dan mencari solusi dari masalah tersebut. Membandingkan diri dengan orang lain adalah proses otak memotivasi diri kita. Namun, jika terlalu banyak membandingkan diri dengan orang lain tentunya akan menyebabkan diri kita merasa depresi.

Berbicara tentang self-love, Mba Dior bilang bahwa cinta itu adalah sebuah kata kerja maka untuk dapat merasakannya diperlukan usaha. Dalam hidup, kita akan selalu menemukan hal baru tentang diri sendiri yang mungkin tidak kita sukai, namun kita tetap harus berusaha untuk mencintainya dengan cara menerima diri.

Mbak Dior menjelaskan cara untuk mengenal dan menerima diri sendiri adalah dengan banyak bereksplorasi dengan aktivitas, pertemuan, dan paparan informasi baru agar kita dapat mengetahui hal apa yang menjadi strong point kita, hal yang kita sukai dan yang tidak kita sukai, serta kondisi yang cocok dan tidak cocok bagi kita. Ketika sudah menemukannya, maka kita harus terus memperdalam dan menerima hal-hal tersebut. “Kita harus kagum dengan diri kita sendiri dan hal-hal yang kita temukan dalam diri kita.” Kata Mbak Dior.

Cinta dimaknai Mbak Dior sebagai nilai yang mengarahkan cara kita bertindak. Jadi ketika kita mencintai diri sendiri, kita akan dengan mudah mendapat arahan tentang bagaimana kita harus berlaku pada diri kita. Dengan mencintai diri, kita akan lebih mudah memberi ruang dan batasan bagi diri kita.

Penulis: Nadja Tazkiya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *