Uncategorized

Bagaimana Dunia Merayakan Hari Perempuan Internasional?

Setiap tanggal 8 Maret, masyarakat dunia merayakan Hari Perempuan Internasional. Jika dilihat dari sejarahnya, Hari Perempuan pertama kali dirayakan pada 28 Februari 1908 di kota New York, Amerika Serikat. Pada saat itu perempuan-perempuan di New York melakukan long march untuk menuntut pengurangan jam kerja, kesetaraan upah, dan hak suara. Kemudian, pada tahun 1909, Partai Sosialis Amerika Serikat meresmikan Hari Perempuan Nasional di tanggal 28 Februari.

Pada tahun 1911, Denmark, Austria, Jerman, dan Swis merayakan Hari Perempuan Internasional untuk pertama kalinya pada tanggal 19 Maret. Namun, di tahun 1913 Hari Perempuan Internasional dipindah ke tanggal 8 Maret. Hingga pada tahun 1975, perserikatan Bangsa-Bangsa meresmikan tanggal 8 Maret sebagai Hari Perempuan Internasional. 

Di tahun 2020 ini, warga dunia semakin giat merayakan Hari Perempuan Internasional. Apa saja sih yang dilakukan oleh warga dunia untuk merayakan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2020 lalu? 

NEW YORK 

Di kota New York, Amerika Serikat, perayaan Hari Perempuan Internasional dilakukan di Washington Square Park dan Broadway. Warga New York diajak untuk bersama-sama berkumpul di Washington Square Park dan masing-masing diberikan bunga serta pesan-pesan inspiratif. Acara kemudian dilanjutkan dengan kelas-kelas kecil di Broadway yang bisa diikuti oleh seluruh warga kota New York. 

LONDON

Untuk merayakan Hari Perempuan Internasional di London, Women TechMakers London menyelenggarakan kegiatan untuk meningkatkan kontribusi perempuan di bidang teknologi. Dalam acara tersebut, peserta mendapat kesempatan untuk mendengarkan pembicara-pembicara inspiratif, mengikuti lokakarya, dan berkenalan dengan banyak perempuan-perempuan inspirasional di bidang teknologi serta bersama-sama merayakan Hari Perempuan Internasional.

DUBAI

Art4You Gallery di Dubai mendukung perayaan Hari Perempuan Internasional di Dubai dengan menyelenggarakan Women’s Empowerment Art Exhibition dengan tagar #Eachforequal. Dalam pameran ini, akan ditampilkan karya seni dari 22 seniman perempuan untuk mengingatkan pentingnya peran perempuan dalam seni dan bisnis. 

JAKARTA 

Nah, kalau di Jakarta, warga Jakarta beramai-ramai melakukan marching di sepanjang jalan MH Thamrin untuk mengajukan 6 tuntutan, yaitu: (1) Tuntaskan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan, (2) Bangun Sistem Perlindungan Komprehensif Terhadap Perempuan, (3) Cabut Kebijakan Diskriminatif Gender, (4) Sahkan RUU PKS dan RUU Perlindungan ART, (5) Tolak RUU Omnibus Law, RKUHP, dan RUU Ketahanan Keluarga, dan (6) Hentikan Agenda Pembangunan yang Berpihak Pada Investor. Pada aksi marching ini Women’s March Jakarta dan GERAK PEREMPUAN mengangkat tema #Puanmenggugat. 

Melihat antusiasme warga dunia dalam merayakan Hari Perempuan Internasional, kita bisa sedikit berharap bahwa kesetaraan gender akan lebih cepat tercapai. Nah, kalau kamu, apa nih yang kamu lakukan untuk merayakan Hari Perempuan Internasional?

 

Referensi:

https://internasionalwomensday.com/

https://events.withgoogle.com/iwd2020-london/

https://instagram.com/womensmarchjkt

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *